Jumat, 08 Maret 2024

Klik Ngopi

Mencari dan Menemukan Ruang Tersenyum bersama Kopi

(Sumber: Dokumen Pribadi)

Ketika berada di tempat baru, pertama yang harus ditemukan adalah ruang masuk jaringan sosial. Perlu menemukan suasana yang nyaman. Untuk mengalihkan beban. Namun, memberikan ruang belajar adaptasi. Ruang itu bisa dalam bentuk ngopi bareng. Santai tetapi ada banyak sumber informasi awal yang masuk. Informasi awal dapat menjadi langkah pijakan awal beradaptasi di tempat baru.

Bagi orang yang belajar ilmu sosial dan humaniora, jaringan sosial sangat penting. A. L. Epstein dalam tulisannya “The Network and Urban Social Organization” yang dieditori oleh J. Clyde Mitchell berjudul Social Network in Urban Situations diterbitkan oleh Manchester University Press, mengatakan setiap jaringan sosial pada dasarnya selalu bersifat egosentris dan personal. Oleh karena itu, kesatuan hubungan-hubungan yang terbentuk senantiasa bersifat khas bagi tiap-tiap individu (1971: 109). Individu akan mendapatkan pengalaman yang berbeda tentunya.

Klik Ngopi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari jaringan sosial. Tiap individu akan mencari ruang untuk belajar. Dengan memperbanyak “mendengar” informasi awal. Apakah kemudian individu akan memutuskan pilihan yang paling menguntungkan bagi dirinya? Di sinilah ujian sosial dan kepribadian dimulai. Sebab, definisi “menguntungkan” dapat bermakna ganda.

Menguntungkan karena jaringan sosial menjadi wadah bertemunya beragam individu. Ada beragam kepentingan yang di bawa. Namun, kepentingan yang relatif sama di antara individu akan membentuk suatu kumpulan manusia yang teratur saling berhubungan, berinteraksi, dengan tingkah laku yang relatif tetap (berpola). Pada gilirannya akan menjadi kelompok sosial. Kumpulan manusia berjumlah dua orang atau lebih, dengan pola interaksi yang nyata dan sebagai satu kesatuan, tulis Soekandar Wiraatmadja dalam bukunya berjudul Rural Sosiology (1976: 46). Artinya, Klik Ngopi tidak lain bagian dari kumpulan manusia. Dalam sosiologi sering disebut kelompok sosial. Para pembelajar sepangjang hayat akan menempatkan Klik Ngopi sebagai tempat belajar.

Demikianlah bahwa belajar dapat terjadi di mana saja. Dalam kegiatan ngopi sekalipun. Memaknai suatu aktivitas dengan positif tentu lebih baik. Sebab, bagi saya mencari dan menemukan ruang tersenyum lebih berharga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar